sejarah rawagede karawang

by KLIK DISINI AZE BANG on 03:58 PM, 10-May-12

Category: SEJARAH RAWAGEDE


patungmelambangkanpende.jpg

asalamualaikum wr.wb
hay slamat sore shabat klik kali ini aqw akan post tentang sejarah rawagede yg belum pernah sobat dengar lihat gambar di atas melambang kan orang tua di tinggalkan anak akibat agresi militer belanda lgsung di tkp
Pembantaian Rawagede
Pembantaian Rawagede adalah peristiwa pembantaian penduduk Kampung Rawagede (sekarang terletak di Desa Balongsari, Rawamerta, di antara Karawang dan Bekasi,oleh tentara Belanda pada tanggal 9 Desember 1947, sewaktu melancarkan agresi militer pertama. Sejumlah 431 penduduk menjadi korban pembantaian ini.
Ketika tentara Belanda menyerbu Bekasi, ribuan rakyat mengungsi ke arah Karawang. Pertempuran kemudian berkobar di daerah antara Karawang dan Bekasi, mengakibatkan jatuhnya ratusan korban jiwa dari kalangan sipil. Pada tanggal 4 Oktober 1948,tentara Belanda melancarkan pembersihan. Dalam peristiwa ini 35 orang penduduk Rawagede dibunuh tanpa alasan jelas. Peristiwa dikira menjadi inspirasi dari sajak terkenal Chairil Anwar berjudul Antara Karawang dan Bekasi, namun ternyata dugaan tersebut tidak terbukti.
Pada 9 Desember 1947, sehari setelah perundingan Renville dimulai, tentara Belanda di bawah pimpinan seorang mayor mengepung Dusun Rawagede dan menggeledah setiap rumah. Namun mereka tidak menemukan sepucuk senjata pun. Mereka kemudian memaksa seluruh penduduk keluar rumah masing- masing dan mengumpulkan di tempat yang lapang. Penduduk laki-laki diperintahkan untuk berdiri berjejer, kemudian mereka ditanya tentang keberadaan para pejuang Republik. Namun tidak satu pun rakyat yang mengatakan tempat persembunyian para pejuang tersebut.
Pemimpin tentara Belanda kemudian memerintahkan untuk menembak mati semua penduduk laki-laki, termasuk para remaja belasan tahun. Beberapa orang berhasil melarikan diri ke hutan, walaupun terluka kena tembakan. Saih, kini berusia 83 tahun menuturkan bahwa dia bersama ayah dan para tetangganya sekitar 20 orang jumlahnya disuruh berdiri berjejer. Ketika tentara Belanda memberondong dengan senapan mesin –istilah penduduk setempat: "didrèdèt"- ayahnya yang berdiri di sampingnya tewas kena tembakan, dia juga jatuh kena tembak di tangan, namun dia pura-pura mati. Ketika ada kesempatan, dia segera melarikan diri.
Hari itu tentara Belanda membantai 431 penduduk Rawagede. Tanpa ada pengadilan, tuntutan ataupun pembelaan. Seperti di Sulawesi Selatan, tentara Belanda di Rawagede juga melakukaneksekusi di tempat (standrechtelijke excecuties), sebuah tindakan yang jelas merupakan kejahatan perang.
sekian pos dri saya mga brmanfaat
kLIK di bawah bo5
Services, Downloads and more

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

5 responses to "sejarah rawagede karawang"

Utoy [04:31 PM, 10-May-12]

kunjungan sore baca impo smile nice mrgreen top
i like it

Bustomi'blocxer [08:03 PM, 10-May-12]

mksh gan udh mampir hahaha

Arsenalfc [09:13 PM, 10-May-12]

Mantep sob!! mrgreen
klau ada waktu luang Jangan lupa Kunjungan balik
http://arsenalfc.Mywapblog.Com

Bustomi'blocxer [08:56 AM, 11-May-12]

Arsenalfc> oke pasti

Alan-Ajjach™ [07:02 PM, 11-May-12]

Kunjungan balik kang. . ?
Di bogor lagi ada kecelakaan pesawat super jet sukhoi 100

jadinya mau nolong dulu evakuasi. . ?

biggrin

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images